Close Klik 2x

Kingdom Protista

Kingdom Protista - Kingdom Protista begitu tidak sama dengan kingdom yang lain. Sebagian Protista yaitu autrotof serta sebagian lagi yaitu heterotrof. Respirasi pada Protista berlangsung dengan cara aerobik. Hidup bebas di laut, air tawar, atau parasit pada makhluk hidup lain. Meskipun biasanya Protista yaitu makhluk hidup uniseluler, tetapi ada juga Protista yang multiseluler, seperti ganggang laut.

Kingdom Protista

 

Protista adalah langkah utama dalam evolusi awal. Protista pertama kalinya berevolusi mungkin saja 1, 7 miliar th. waktu lalu. Anggota Protista terlebih makhluk air di alam. Ini yaitu grup yang begitu besar yang terbagi dalam sekurang-kurangnya 16 filum. Banyak protista seperti ganggang adalah produsen paling utama dalam ekosistem perairan, sebagian protista bertanggungjawab untuk penyakit manusia serius seperti malaria serta penyakit tidur.

Ciri - Ciri Protista

1. Susunan Badan 
  • Badan uniseluler (bersel tunggal) serta bisa berkoloni membuat rantai. 
  • Sebagian organisme memiliki alat badan penambahan, berdiferensiasi membuat bulu cambuk. 
  • Sebagian anggota tak memiliki dinding sel, sedang sebagian anggota yang lain berdinding sel dari selulosa.
2. Langkah Memperoleh Makanan 
  • Sebagian organisme bisa berfotosintesis serta organisme yang lain berbentuk heterotrofik. 
  • Badannya dapat menaruh makanan cadangan berbentuk lipid berbentuk minyak.
Klasifikasi Protista 

Protista Serupa Hewan : Protozoa
Grup protozoa yaitu grup protista yang mempunyai karakter seperti hewan yaitu heterotrof serta bisa bergerak. Filum protozoa dikelompokkan kedalam empat kelas berdasar pada alat gerak yang dipunyainya, yakni :
  • Rhizopoda, yakni protozoa yang bergerak menggunkan kaki mirip akar atau dimaksud juga pseudopodia. Organisme kelompok ini mempunyai bentuk yang amorf, berkembangbiak dengan membelah diri, serta memperoleh makanannya dengan memangsa bakteri atau parasit untuk organisme lain. Contoh : Amoeba sp.
  • Flagellata, yakni grup protozoa yang bergerak dengan flagel atau bulu cambuk. Hidup didalam lingkungan perairan atau didalam badan organisme lain sebagai parasit. Contoh : Trypanosoma sp. 
  • siliata atau rambut getar yaitu penonjolan halus sitoplasma sel yang di dukung oleh mikrofilamen . Kelompok protozoa ini hidup diperairan air tawar atau asin. Contoh : Paramecium sp. serta Stentor sp. 
  • Sporozoa adalah satu – satunya kelompok protozoa yg tidak mempunyai alat gerak. Diberi nama sekian lantaran memiliki bentuk mirip bola serta berkembangbiak dengan spora. Biasanya grup ini hidup didalam organisme lain sebagai parasit. Contoh, Plasmodium sp.
Protista serupa tumbuhan : Alga
  • Chlorophyta yaitu grup alga hijau. Algae ini tersusun atas satu sel atau banyak sel. Diketemukan pada perairan air tawar (unisel) serta air laut (multisel). Spesies uniseuler biasanya mempunyai alat gerak. Berkemangbiak dengan membelah diri, fragmentasi, atau konjugasi. Contoh : Euglena sp. (uniseluler) serta Ulna sp. (multiseluler).  
  • Chrysophyta atau alga emas yaitu grup alga yang mempunyai pigmen karoten (kuning – orange). Diluar itu, mempunyai pigmen klorofil untuk fotosintesis. Seperti alga hijau, grup ini ada yang tersusun atas satu sel serta ada yang banyak sel. Diketemukan di air tawar serta laut. Contoh, Diatome (unisel) serta Vaucheria sp. (multiseluler). 
  • Phaeophyta mempunyai pigmen fikoxantin (cokelat) hingga dimaksud alga coklat. Alga ini adalah alga multiseluler serta makroskopik serta kerap diketemukan di perairan air laut. Badannya dilapis oleh gelatin membuat perlindungan dari terpaan ombak. Reproduksi dengan cara seksual atau aseksual (spora). Banyak digunakan dalam industri makanan serta cat lantaran mempunyai zat algin. Contoh. Sargassum sp. 
  • Rhodophyta atau ganggang merah mempunyai pigmen fikoeritin (merah), serta klorofil. Alga ini adalah alga yang kerap dikatakan sebagai rumput laut. Banyak digunakan sebagai bahan makanan (supaya – supaya) atau pembuatan kosmetik. Contoh : Polysiphonia sp.
Protista serupa jamur
  • Jamur lendir serta jamur air yaitu bukanlah jamur sejati. Mereka adalah protista yang pada saat hidupnya mempunyai bentuk seperti jamur sejati yang membuat sporangia atau membentu filamen yang mirip hifa. Jamur lendir berwarna kuning sesaat jamur air berwarna putih. Dinding sel spesies ini tersusun atas selulosa sesaat jamur sejati dilindungi dinding sel dari zat kitin. Keduanya bertindak sebagai pengurai dalam ekosistem.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel