Close Klik 2x

Contoh Soal Mengonversi Teks Iklan ke dalam Drama Pendek

Contoh Soal Mengonversi Teks Iklan ke dalam Drama Pendek Seperti yang kamu ketahui bahwa tujuan iklan itu bermacam-macam, bergantung jenisnya. Akan tetapi, pada dasarnya, tujuan tersebut tetaplah memersuasi. Hal itu akan lebih terasa jika iklan yang awalnya hanya berupa teks diubah menjadi sebuah drama. Dengan demikian, langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengonversi teks iklan menjadi drama adalah sebagai berikut.

  1. Pilihlah teks iklan yang menarik Pada dasarnya, teks seperti apa pun dapat dikonversi menjadi sebuah drama. Namun, akan lebih mudah dan menarik jika teks iklan tersebut terdiri atas beberapa kata, kelompok kata (frasa), klausa, atau kalimat.
  2. Ubahlah teks iklan yang hanya berupa kosakata, kata, kelompok kata (frasa), klausa, atau kalimat menjadi narasi yang dapat disertai dialog para tokoh. Sama seperti mengonversikan teks iklan menjadi drama, kamu dapat menambahkan sesukamu berupa kosakata, kata, kelompok kata (frasa), klausa, atau kalimat lain di luar teks iklan yang aslinya agar narasi terlihat lebih hidup.
  3. Ubahlah penggunaan bahasa yang dirasa terlalu kaku agar penyampaian dalam drama menjadi lebih ringan. Jika teks iklan yang asli terasa baku sedangkan narasi yang kamu buat lebih pada suasana semi formal, kamu dapat mengubahnya dengan catatan esensinya tetap sama.
  4. Ubahlah bentuk narasi biasa menjadi sebuah teks drama disertai berbagai unsur drama. Pada tahap ini, kamu tinggal mengubah bentuk narasimu yang awalnya berupa paragraf menjadi sebuah teks drama yang penuh dengan dialog, keterangan latar, dan petunjuk lakuan.

Contoh Soal Mengonversi Teks Iklan ke dalam Drama Pendek


SOAL 1
Perhatikan iklan baris di bawah ini!
JUAL CPT RMH BR. LT 650 M2. STRATEGIS SMPNG MAL MERCON. 
HUB. ANDI (023) 463920
Potongan drama yang sesuai dengan iklan baris di atas adalah ....

SOAL 2
Perhatikan teks-teks berikut!

Rida : Win, kamu jadi ikut acara di pamflet?
Windu : Jadi dong. Kalau kamu, Tar?
Tarisa : Aku juga jadi, soalnya sudah tiga bulan ini aku nunggu acara .... ini di sekolah kita.
Rida : Aku juga ingin ikutan. Tapi, kondisiku belum pulih benar. Dokter juga menyarankan agar aku jangan dulu ikut acara itu.
Sinta : Ya iya lah. Kamu kan baru sembuh. Mending jangan dulu deh.
Rida : Iya. Padahal aku udah nunggu momen ini dari dulu. Rasanya pasti senang bisa berbagi sesuatu yang berharga dengan orang lain.
Isian yang tepat untuk dialog rumpang di atas adalah ....

SOAL 3
Perhatikan teks drama berikut!
Rida : Win, kamu jadi ikut acara di pamflet?
Windu : Jadi dong. Kalau kamu, Tar?
Tarisa : Aku juga jadi. Soalnya sudah tiga bulan ini aku nunggu acara ini di sekolah kita. (penuh semangat)
Rida : Aku juga ingin ikutan. Tapi, kondisiku belum pulih benar. Dokter Bian juga menyarankan agar aku jangan dulu ikut acara itu. (murung)
Sinta : Ya iya lah. Kamu kan baru sembuh. Mending jangan dulu deh.
Rida : Iya. Padahal aku udah nunggu momen ini dari dulu. Rasanya pasti senang bisa berbagi sesuatu yang berharga dengan orang lain. (.........)
Petunjuk lakuan yang tepat untuk potongan teks drama di atas adalah ....

SOAL 4
Perhatikan teks iklan pada gambar berikut!


Tubuh iklan pada gambar di atas menjelaskan ....

SOAL 5
Perhatikan cuplikan teks drama berikut!
Lisna : Haduuuuhhh,,, kenapa ini? Sudah dicuci kok masih kotor?
Ibu : Kenapa, Lisna?
Lisna : Ini, Bu. Seragam putih Lisna terkena noda kecap di sekolah. Sudah dicuci tapi enggak hilang juga.
Ibu : Oh... tenang! (mengeluarkan sebuah benda) Nih, pakai Softgent. Noda kecapnya pasti hilang dalam sekejap.
Lisna : Masa sih, Bu? Ya sudah sini. Lisna coba sekarang. (menuju kamar mandi)
Lisna : (keluar kamar mandi) Bu, lihat! Nodanya benar-benar hilang. Terima kasih, Ibu... (memeluk ibu)
Produk yang dimaksud dalam teks drama di atas adalah ....

SOAL 6
Perhatikan cuplikan teks drama berikut!
Lisna : Haduuuuhhh,,, kenapa ini? Sudah dicuci kok masih kotor?
Ibu : Kenapa, Lisna?
Lisna : Ini, Bu. Seragam putih Lisna terkena noda kecap di sekolah. Sudah dicuci tapi enggak hilang juga.
Ibu : Oh... tenang! (mengeluarkan sebuah benda) Nih, pakai Softgent. Noda kecapnya pasti hilang dalam sekejap.
Lisna : Masa sih, Bu? Ya sudah sini. Lisna coba sekarang. (menuju kamar mandi)
Lisna : (keluar kamar mandi) Bu, lihat! Nodanya benar-benar hilang. Terima kasih, Ibu... (memeluk ibu)
Teks iklan yang sesuai berdasarkan teks drama di atas adalah sebagai berikut, kecuali ....

SOAL 7
Perhatikan cuplikan teks drama berikut!
PAGI. DI DAPUR.
Ibu : Bagaimana ini, Pak? Boros terus. Tagihan begini besar mana sanggup Ibu bayar siang ini?
Bapak : Ya sudah, Bu. Tenang saja. Hari ini kan ibu berjualan, jadi pasti dapat uangnya.
Ibu : (suara meninggi) Bapak ini! Uang hasil dagang baru ada nanti sore. Sementara di surat tagihan disebutkan kalau siang ini tidak dibayar, listrik rumah kita akan dicabut!
Bapak : Ya, habis, mau bagaimana lagi, Bu? Bapak kan kebagian libur kerja hari ini. (garuk-garuk kepala)
Ibu : .......................................... 
Bapak : Iya, Bu, iya. Bapak minta maaf. Bapak akan cari pinjaman dulu deh ke tetangga. Biar kita bisa bayar siang ini dan nanti sore kita kembalikan uang pinjaman itu.
Ibu : (diam kesal)
Jika bagian rumpang diisi, penggambaran iklan pada teks drama di atas termasuk jenis ....

SOAL 8
Perhatikan cuplikan teks drama berikut!
PAGI. DI DAPUR.
Ibu : Bagaimana ini, Pak? Boros terus. Tagihan begini besar mana sanggup Ibu bayar siang ini?
Bapak : Ya sudah, Bu. Tenang saja. Hari ini kan ibu berjualan, jadi pasti dapat uangnya.
Ibu : (suara meninggi) Bapak ini! Uang hasil dagang baru ada nanti sore. Sementara di surat tagihan disebutkan kalau siang ini tidak dibayar, listrik rumah kita akan dicabut!
Bapak : Ya, habis, mau bagaimana lagi, Bu? Bapak kan kebagian libur kerja hari ini. (garuk-garuk kepala)
Ibu : .......................................... 
Bapak : Iya, Bu, iya. Bapak minta maaf. Bapak akan cari pinjaman dulu deh ke tetangga. Biar kita bisa bayar siang ini dan nanti sore kita kembalikan uang pinjaman itu.
Ibu : (diam kesal)
Kalimat yang tepat untuk mengisi dialog rumpang di atas adalah ....

SOAL 9
Orientasi: Go Green
Bentuk teks iklan yang tepat sebagai tubuh iklan untuk orientasi di atas adalah berikut, kecuali ....

SOAL 10
Cermati teks drama berikut!
Adik : (mencium bau masakan) Hmmmmm.... sedapnya. Sarapan apa hari ini, Bu? (duduk di kursi)
Ibu : Menu kali ini,,, (mengangkat piring) tadaaaaaa....... nasi goreng spesial. (menaruh piring di hadapan adik)
Adik : Waahhh.... Baunya saja enak, apalagi rasanya.
Ibu : Pati dong. Soalnya Ibu pakai bumbu ini. KOKIKU NASI GORENG. Jadi nasi goreng Ibu dijamin ala chef deh....
Adik : (mulai makan) Am.... waaaah,,,, enaknya. Ibu memang hebat dan jago masak.
Ibu : (senyum)
Keterangan latar yang relevan dengan teks drama di atas adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel