Close Klik 2x

Contoh Soal Memberi Komentar tentang Isi Pidato, Ceramah, Khotbah dengan Santun

Contoh Soal Memberi Komentar tentang Isi Pidato, Ceramah, Khotbah dengan SantunSeperti yang sudah diulas pada topik sebelumnya, pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau paparan lisan yang disampaikan seorang pembicara kepada khalayak. Ceramah adalah pidato oleh seseorang dihadapan banyak pendengar mengenai suatu hal, pengetahuan, dsb. Khotbah adalah pidato yang biasanya menguraikan ajaran agama.
Pengertian Komentar
     Komentar adalah ulasan atau tanggapan yang disampaikan seseorang terhadap isi berita atau pidato/khotbah/ceramah yang didengarnya. Seseorang juga dapat memberikan saran atau kritik terhadap pidato yang didengarnya.
Hal-hal Pokok dalam Pidato/Khotbah/Ceramah
     Sebelum dapat memberikan komentar terhadap isi pidato seseorang, kita perlu memahami terlebih dahulu isi pidato secara keseluruhan. Pemahaman terhadap keseluruhan pidato dimaksudkan agar kita dapat menemukan hal-hal pokok yang disampaikan dalam pidato. Hal-hal pokok dalam pidato meliputi hal sebagai berikut.
1. Topik, yaitu tema atau permasalahan utama yang disampaikan dalam pidato;
2. Uraian masalah, yaitu pengembangan topik utama dalam pidato menjadi beberapa hal penting lainnya;
3. Solusi yang diberikan terhadap masalah yang diajukan.
Memberi Komentar tentang Isi Pidato/Khotbah/Ceramah
     Setelah memahami hal-hal pokok tersebut, kita dapat memberi komentar terhadap pidato/khotbah/ceramah tersebut dengan syarat sebagai berikut. 
1. Komentar yang diberikan harus santun, yaitu dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta menghindari kata-kata kasar yang dapat menyinggung;
2. Komentar yang diberikan harus disertai alasan atau pendapat yang logis.
Contoh Komentar tentang Isi Pidato/Khotbah/Ceramah yang Santun
Perhatikan penggalan pidato berikut!
Saudara-saudara yang saya hormati,
Seiring bertambah majunya teknologi, mari kita memperluas wawasan kita seputar pemanfaatan teknologi tersebut. Salah satunya, kita perlu bijak saat menggunakan internet. Banyak sekali hal positif yang bisa diambil dari internet, seperti situs-situs e-learning yang dapat kita manfaatkan untuk belajar. Misalnya, ingin mempelajari materi yang tertinggal di sekolah, ingin belajar bahasa asing, atau ingin mempelari materi-materi pembelajaran lainnya pun maka kita dapat memanfaatkan internet.
Berdasarkan penggalan pidato tersebut, komentar yang dapat diberikan dengan santun adalah sebagai berikut.
Pidato tersebut sangat mendidik karena menyampaikan hal-hal bermanfaat seputar penggunaan internet bagi siswa. Dengan demikian, banyak siswa akan tertarik untuk memanfaatkan internet dalam hal-hal positif.

Contoh Soal Memberi Komentar tentang Isi Pidato, Ceramah, Khotbah dengan Santun

Pilihan Tunggal
Berikut adalah hal-hal pokok dalam pidato, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Berikut adalah ciri-ciri komentar yang santun terhadap isi pidato/khotbah/ceramah, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Perhatikan penggalan pidato berikut ini!
Saudara-saudara yang saya hormati,
Menjelang Ujian Nasional (UN), kita harus semakin meningkatkan usaha dan doa. Berusaha dengan cara menambah jam belajar dan juga berdoa agar hasil ujian kita memuaskan. Dengan demikian, saya yakin kita semua akan semakin percaya diri saat menghadapi ujian nasional mendatang.
Komentar yang santun terhadap penggalan pidato tersebut adalah ....
Pilihan Tunggal
Perhatikan penggalan pidato berikut!
Hadirin yang saya hormati,
Sebagai seorang pelajar, kita harus turut aktif dalam mencegah pemanasan global. Banyak hal sederhana yang dapat kita lakukan mulai dari lingkungan yang terdekat, yaitu rumah. Misalnya dengan berhemat saat menggunakan listrik dan air. Itu adalah hal sederhana yang memberikan dampak yang besar terhadap pencegahan pemanasan global.
Komentar disertai alasan yang paling tepat terhadap penggalan pidato tersebut adalah ....
Pilihan Tunggal
Perhatikan beberapa kalimat komentar berikut!
(1) Pidatonya menarik. Namun, intonasinya terlalu cepat sehingga perlu diperhatikan kembali.
(2) Sepertinya Anda tidak menguasai materi sehingga intonasinya sangat buruk.
(3) Pidato demikian sudah biasa didengar jadi tidak ada yang baru dan tidak bermanfaat.
(4) Volume suaranya terlalu tinggi hampir-hampir membuat orang menjadi tuli.
Komentar santun tentang isi pidato/khotbah/ceramah ditunjukkan kalimat ....
Pilihan Tunggal
Perhatikan penggalan pidato berikut!
Ibu dan Bapak Guru yang saya hormati,
Melihat rendahnya minat siswa yang mengunjungi perpustakaan di sela-sela waktu luang, saya berharap sewaktu-waktu perpustakaan dapat digunakan sebagai tempat belajar mengajar, misalnya dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan demikian, hal tersebut dapat memancing siswa untuk lebih kenal dekat dengan perpustakaan sekolah mereka.
Solusi yang diberikan terhadap masalah dalam penggalan pidato di atas adalah ....
Pilihan Tunggal
Perhatikan penggalan pidato berikut!
Rekan-rekan yang saya hormati,
Menyambut tahun baru yang akan segera datang, saya berharap Rekan-rekan bisa berkumpul di sekolah pada malam pergantian tahun untuk berdoa bersama. Kita akan menyelenggarakan malam renungan agar tahun yang akan datang menjadi lebih baik.
Alasan yang tepat untuk mendukung acara tersebut adalah ....
Pilihan Tunggal
Perhatikan penggalan pidato berikut!
Siswa-siswi SMP Utama yang saya cintai,
Demi meningkatkan kualitas siswa, mulai tahun pelajaran yang baru, setiap siswa harus mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Setiap siswa dapat memilih paling tidak satu kegiatan tambahan di luar jam sekolah. Dengan demikian, diharapkan siswa menjadi lebih berkarakter di masa depan nanti.
Berikut komentar disertai alasan paling tepat terhadap isi pidato di atas, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Perhatikan penggalan pidato berikut!
Rekan-rekan yang saya hormati,
Dalam peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ini, mari kita tingkatkan rasa cinta kepada negara kita tercinta ini. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari, seperti ikut menjaga kebersihan lingkungan, giat belajar, dan menghindari perilaku buruk, seperti menyontek dan tawuran.
Komentar santun terhadap isi pidato/khotbah/ceramah di atas adalah ...
Pilihan Tunggal
Perhatikan penggalan pidato berikut!
Saudara-saudara yang saya hormati,
Saat ini, kita sudah mulai memasuki musim hujan beberapa bulan ke depan. Oleh karena itu, saya mengimbau agar kita semua senantiasa menjaga kesehatan. Beberapa di antaranya dapat dilakukan dengan cara berikut. Pertama, selalu penuhi asupan nutrisi makanan sehat. Kedua, olahraga teratur. Ketiga, istirahat cukup. Dengan begitu, kita tidak akan mudah terkena kuman penyebab sakit yang datang di musim hujan.
Topik yang dibicarakan dalam penggalan pidato di atas adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel