Close Klik 2x

Contoh Surat Perjanjian Hutang Yang Benar

Contoh Surat Perjanjian Hutang Yang Benar - Satu kesepakatan atau perjanjian adalah satu persetujuan yang dikerjakan 2 orang / lebih. Arti yang di pakai umumnya memakai kata pihak yang pertama, pihak ke-2, pihak ke-3 dan sebagainya. Di mana kesepakatan atau perjanjian dapat di kerjakan oleh individual dengan individual. Bukan sekedar itu kesepakatan atau perjanjian dapat juga dikerjakan oleh individual dengan satu lembaga, dan juga sangat mungkin perjanjian itu juga di kerjakan dua buah lembaga. Umumnya satu perjanjian atau kesepakatan terkait dengan suatu hal hal yang serius maupun bernilai. Dengan hal tersebut memerlukan satu bukti hitam diatas putih. Di mana bukti itu dapat di menjadikan bukti jika satu diantara pihak tidak mematuhi perjanjian yang sudah ditetapkan.

Contoh Surat Perjanjian Hutang Yang Benar


Contoh Surat Perjanjian Hutang Yang Benar

Memperhitungkan hal diatas dalam lakukan satu kesepakatan pastinya dibarengi dengan surat kesepakatan. Banyak type surat kesepakatan yang dapat di buat. Pastinya sesuaikan dengan perjanjian atau kesepakatan yang dikerjakan. Salah satu nya ialah kesepakatan dalam soal hutang , Mengingat uang adalah suatu hal yang bernilai pastinya perjanjian itu memerlukan kesepakatan yang disetujui oleh beberapa orang yang buat kesepakatan itu.

Oleh karena itu apabila Anda menginginkan buat surat kesepakatan hutang piutang, semakin lebih baik apabila Anda memerhatikan mengenai banyak hal berikut ini :

Contoh Surat Perjanjian Hutang Yang Benar

Pertama, yakinkan kalau anda sudah memperoleh data yang lengkap si peminjam. seperti kartu tanda penduduk, Ke-2, janganlah lupa juga berikan data Anda dengan lengkap serta mesti valid. Serta yakinkan kalau data untuk hutang piutang sudah dijelaskan dengan terang nominalnya. Serta janganlah lupa juga untuk menerangkan dari siapa untuk siapa dengan periode waktu yang telah ditetapkan. Jika memang perlu, sertakan lah pasal di dalamnya, mengenai batas peminjaman , bunga, serta jaminan. Baru lalu mencari saksi – saksi serta selekasnya ttd surat itu dengan materai.

  • Contoh Surat Perjanjian Hutang Yang Benar


SURAT PERJANJIAN UTANG PIUTANG
Pada hari ini Jum’at Tanggal Tujuh Belas Bulan Mei Tahun Dua Ribu Enam Belas, kami yang bertanda tangan di bawah ini setuju mengadakan Perjanjian Utang Piutang yaitu:

1. Nama : Zahratul jannah
Umur : 26 Tahun
Pekerjaan : Pegawai Negeri Sipil
Alamat : Jl. Kejaksaan Tinggi No. 11 Banda Aceh

Untuk selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.
2. Nama : Afkar
Umur : 24 Tahun
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Jl. Komplek perdamaiaan No. 9 Banda Aceh

Untuk selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Maka melalui surat perjanjian ini disetujui oleh Kedua Belah Pihak ketentuan-ketentuan sebagaimana tercantum di bawah ini:

PIHAK PERTAMA telah menerima uang tunai sebesar Rp.500.000.000,- (Lima Ratus Juta Rupiah) dari PIHAK KEDUA yang dimana uang tunai tersebut adalah hutang atau pinjaman.
PIHAK PERTAMA bersedia memberikan barang jaminan yakni …………., yang nilainya dianggap sama dengan uang pinjaman kepada PIHAK KEDUA.

PIHAK PERTAMA berjanji akan melunasi uang pinjaman KEPADA PIHAK KEDUA dengan tenggang waktu selama 6 (Enam) bulan terhitung dari ditandatanganinya Surat Perjanjian ini.
Apabila nantinya dikemudian hari ternyata PIHAK PERTAMA tidak dapat membayar hutang tersebut, maka PIHAK KEDUA memiliki hak penuh atas barang jaminan baik untuk dimiliki pribadi maupun untuk dijual kepada orang lain.

Surat Perjanjian ini dibuat dalam 2 (Dua) Rangkap bermaterai cukup dan masing-masing rangkap mempunyai kekuatan hukum yang sama, masing-masing untuk PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA.

Surat Perjanjian dibuat dan ditandatangani oleh Kedua Belah Pihak secara sadar dan tanpa tekanan dari Pihak manapun di Jakarta pada hari, tanggal dan bulan seperti tersebut di atas.
Demikianlah surat perjanjian utang-piutang ini dibuat bersama di depan saksi-saksi, dalam keadaan sehat jasmani dan rohani dan untuk dijadikan sebagai pegangan hukum bagi masing-masing pihak.

PIHAK PERTAMA,                                                           PIHAK KEDUA,

Afkar                                                                                   Zahratul jannah

Saksi-saksi :
NAMA TANDA TANGAN

Rahmad                        Rahmania                             Zulaikha                            Muhammad ibnu 

............                          ...............                              ..............                             .............................

Demikianlah Contoh Surat Perjanjian Hutang Yang Benar semoga dapat bermanfaat.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel