Close Klik 2x

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli - Surat kesepakatan atau perjanjian jual beli sangat diperlukan saat lakukan transaksi. Kehadiran surat kesepakatan jual beli benar-benar sangat penting, karena surat ini jadi bukti jika satu saat berlangsung problem pada pihak penjual serta konsumen. Surat kesepakatan jual beli umumnya di buat sesuai sama keperluan. Bila objek yang di per jual belikan mempunyai nilai besar misalnya tanah, tempat tinggal, / asset yang lain, jadi begitu butuh sekali buat surat kesepakatan jual beli. Tetapi bila objek pembelian cuma bernilai kecil misalnyaperlengkapan rumah tangga atau yang lain, surat kesepakatan jual beli bisa disederhanakan jadi nota saja.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli 

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli
Contoh Surat Perjanjian Jual Beli 


Diluar itu surat kesepakatan atau perjanjian jual beli semakin lebih lengkap serta terang dengan memberikan tata cara pembayaran dan bebrapa detil yang lain yang perlu untuk tercantum. Isi surat kesepakatan jual beli mesti dipahami oleh ke-2 belah pihak supaya tidak berlangsung salah pengertian di masa datang. Saat semuanya pihak telah setuju serta mengerti dengan detil isi surat kesepakatan itu, jadi keduanya mesti membubuhkan ttddiatas materai 6000 jadi bukti kesepakatan atas semua isi surat itu. Tidak hanya ke-2 belah pihak yang membuat kesepakatan, alangkah sebaiknya memasukkan ttd saksi-saksi yang ketahui sistem kesepakatan itu.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli 

Prasyarat kesepakatan jual beli, yakni :
a. Penjual
Orang yang memiliki hak terima beberapa uang dari konsumen serta berkewajiban untuk menyerahkan barang yang di jualnya, umpamanya dalam hal semacam ini yakni tanah.
b. Pembeli
Orang yang memiliki hak terima barang yang dibelinya serta berkewajiban menyerakan beberapa uang sesuai sama yang sudah disepakatinya pada konsumen.
c. Barang yang diperjualbelikan
d. Alat pembayaran yang sah
Yang disebut alat pembayaran yang sah yaitu uang, yakni alat ganti atau standard pengukur nilai yang sah, di keluarkan oleh pemerintah satu Negara
e. Langkah pembayaran
Langkah pembayaran dalam kesepakatan jual beli bisa dikerjakan dengan 2 (dua) jenis, yakni :
- Tunai
Tunai yakni pembayaran seutuhnya tentang satu barang pada waktu bertepatan dengan diserah terimakannya objek jual beli.
- Angsur (credit)
Angsur yakni pembayaran yang dikerjakan dengan bertahap sampai tercukupinya jumlah yang perlu dibayarkan, lamanya tenggang waktu yang ditetapkan dalam kesepakatan oleh ke-2 belah pihak.

  • Contoh Surat Perjanjian Jual Beli 



SURAT PERJANJIAN JUAL BELI TANAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

1. Nama :

Tempat tanggal lahir :

Alamat :

Pekerjaan :

Yang selanjutnya dalam surat perjanjian jual beli tanah ini disebut penjual.

2. Nama :

Tempat tanggal lahir :

Alamat :

Pekerjaan :

Yang selanjutnya dalam surat perjanjian jual beli tanah ini disebut pembeli.

Dengan ini kedua belah pihak telah sepakat melakukan jual beli sebidang tanah Hak Milik dengan nomor sertifikat tanah ….., yang terletak di ……, seluas…… m2, tercatat atas nama ….. Adapun batas-batas tanah ini, yaitu: sebelah utara berbatasan dengan …., selatan dengan ….., barat dengan….., dan utara berbatasan dengan…..

Perjanjian ini dilakukan dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan di bawah ini:

PASAL 1

Pihak penjual menjamin bahwa tanah tersebut adalah milik pihak penjual dan tidak sedang dijaminkan pada pihak ketiga atau dalam keadaan sengketa, sehingga pihak kedua tidak akan mendapat gangguan dan atau rintangan dari pihak lain mengenai hal itu.

PASAL 2

Kedua belah pihak sepakat untuk melakukan jual beli tanah tersebut dengan harga Rp … /m2, pembayaran dilakukan secara tunai dan tanpa perantara.

PASAL 3

Penjual akan menyerahkan sebidang tanah tersebut beserta kelengkapan suratnya kepada pembeli saat dilakukannya pelunasan jual beli yaitu pada tanggal ….

PASAL 4

Pembeli wajib membayar semua iuran, pajak atau pungutan setelah terjadinya pengalihan hak atas kepemilikan tanah ini.

PASAL 5

Semua biaya atas pengalihnamaan kepemilikan ini dibebankan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak pembeli.

PASAL 6

Hal-hal lain yang belum tercantum dalam perjanjian ini akan dibicarakan serta diselesaikan secara kekeluargaan melalui jalan musyawarah untuk mufakat oleh kedua belah pihak.

PASAL 7

Jika terjadi perselisihan atas perjanjian ini di kemudian hari, kedua belah pihak sepakat menyelesaikannya sesuai dengan hukum yang berlaku dan memilih tempat tinggal umum dan tetap di Kantor panitera Pengadilan Negeri Bandung.

Demikian isi surat perjanjian ini dibuat dan disetujui atas kesepakatan kedua belah pihak tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Banda Aceh, …… 20..

Pihak Penjual Pihak Pembeli

( ) ( )

Saksi 1 Saksi 2

( ) ( )

Pejabat PPAT

( )

Demikianlah Contoh Surat Perjanjian Jual Beli semoga bermanfaat untuk anda - anda semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel